Helo Indonesia

Kata PDIP, Bobby Dipilih Menjadi Bakal Cagub Sumut Karena Pengaruh Presiden Jokowi

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Politik
Kamis, 11 Juli 2024 11:48
    Bagikan  
Pilkada Sumut
Ist

Pilkada Sumut - Golkar usung Bupati Asahan Surya menjadi tandem Bobby Nasution di Pilkada Sumut.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - PDIP menyindir keterpilihan Bobby Nasution menjadi bakal Cagub (calon gubernur) Sumatera Utara pada November 2024 mendatang berkat pengaruh mertuanya, Presiden Joko Widodo.

Hingga kini sudah tujuh Parpol (partai politik) memberikan dukungan kepada Bobby, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, PAN, PPP, dan Partai NasDem.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan, tidak ada pengaruh Presiden Jokowi terkait pencalonan Bobby Nasution sebagai Gubernur Sumut di Pilkada 2024.

"Tidak ada!" tegas Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis (11/7/2024).

Baca juga: Selamat, 167 Bintara Polri SPN Betung Dilantik Jadi Bintara Muda

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat menyentil pencalonan Bobby di Pilkada Sumut. "Untuk Mas Bobby sudah dapat dukungan mayoritas parpol itu karena (faktor) Mas Bobby atau karena mertuanya?" kata Djarot di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (9/7). 

Dia katakan, PDIP lebih memilih mendengarkan suara masyarakat di Sumatera Utara terkait sosok seperti apa yang dibutuhkan. Dia meyakini, sosok yang dikehendaki rakyat lah yang bisa membawa kemenangan, dalam kontestasi Pilkada serentak 2024 khususnya di Sumut.

Golkar sendiri mengusulkan Surya, Bupati Asahan, menjadi duet Bobby di Pilkada Sumut nanti. "Saya sudah usul, Pak Surya, Bupati Asahan, guna menjadi cawagub Bobby," ujar Airlangga dalam Rapat Pleno DPP Golkar yang membahas agenda persiapan Pilkada dan rencana HUT Golkar ke-60 di Jakarta, pada Rabu (10/7).

Airlangga mengatakan hal itu, menanggapi usulan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) agar artis Nagita Slavina menjadi bakal calon wakil gubernur Bobby Nasution.

Baca juga: Pemkot Tangsel Tanggung BPJS Ketenagakerjaan Ribuan Relawan Pemadam Kebakaran

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Jazilul Fawaid mengatakan partainya mengusulkan istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina, maju mendampingi Bobby Nasution sebagai bakal calon wakil gubernur (bacawagub) di Pilkada Sumut.

Jazilul menyampaikan usulan itu usai  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB memberi rekomendasi Bobby sebagai bakal Cagub Sumut, di Jakarta pada Kamis (4/7). 

Beralih Dari Ijeck ke Surya

Sementara itu, di awal Golkar sebenarnya telah menunjuk Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara Musa Rajekshah alias Ijeck, untuk menjadi Cawagub berpasangan dengan Bobby di Pilkada Sumut. Sesaat setelah Golkar memberi rekomendasi pada Bobby,  pada Rabu 6 Juni 2024. 

Namun, Golkar akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Surya menjadi pasangan Bobby di Pilkada Sumut. 

Baca juga: Tim Tabur Kejati Sumut dan Kejari Medan Amankan DPO Terpidana Kasus Penipuan Rp5,7 Miliar

Di bagian lain, Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia menyerahkan bakal Cawagub kepada Bobby sendiri. 

"Nanti akan dilengkapi menjadi pasangan, tentu dengan pasangan yang dipilih oleh Pak Bobby. Dan Pak Bobby ini sudah didukung oleh lima partai ya Pak Bobby, termasuk dari KIM yaitu Gerindra, PAN, Demokrat dan Golkar," katanya.